Total Tayangan Halaman

Sabtu, November 12, 2016

Cara Mengembalikan OpenDefault Program exe dan shortcut yang rusak


Pernahkah kalian melakukan Klik kanan file > Open With ?
Lalu apakah kalian pernah sedang milih open Choose Default Program nya lupa "Always Use The Selected Program To Open This Kind Of File" seperti gambar di bawah ini?











Pengalaman seperti ini teman saya yang alami, dan teman saya menanyakan hal tersebut ke saya ketika dulu pernah mengalami hal serupa berhubung saya lupa bermodalkan internet saya browsing, dapat hasil tapi kebanyakan pada mati linknya. sempat fustsai untung menemukan yang masih bisa di akses.


Dulu saya penasaran, seperti apa sih bentuk script dari file *.exe, dan akhirnya saya membuka nya dengan notepad, dan lupa menghilangkan tanda check seperti pada gambar di atas, dan alhasil, SEMUA PROGRAM EXE di komputer saya Open Defaultnya adalah Notepad,


bagaimana lagi saya mengembalikan keadaan seperti semula? padahal Open Default file exe itu apa dan saya tahu, sebab open default file *.exe tidak tercantum dalam gambar di atas, sampe2 waktu restart laptop startup nya menjadi sangat lama, karena pada startup windows pastinya akan ada file berextensi *.exe yang di Load, dan parahnya, itu adalah file system yang seharusnya engga di otak-atik.






saya sempat bingung karena yang tampil adalah font unicode aneh dalam notepad, pasalnya baru beberapa bulan pegang laptop, saya berencana install ulang, tap takut juga ga bisa masuk bios buat ngatur boot.nya,


akhirnya browsing di internet, tapi kasus selanjutnya pada waktu itu masih sangat sedikit menemukan solusinya dalam tulisan berbahasa indonesia, dan akhirnya pahami sejadinya tutorial berbahasa inggris, alhamdulilah saya telah berhasil mengembalikan keadaan ke seperti semula,






Berikut adalah cara terbaru yang saya dapat dari internet:


1. Download default_exe.reg dan default_lnk.reg disini 


2. Extract file download nya, lalu Klik dua kali file registry tersebut.
3. Maka akan muncul peringatan, pilih “yes”
4. Restart komputer sobat







karena kita mengembalikan Open Default file extensi exe ke default pembukanya, dan untuk file "Default_LNK_(Shortcut).reg" tersebut fungsinya adalah apabila kita mempunyai masalah pada shortcut yang berubah fungsinya, seperti tidak bisa membuka file aslinya, padahal aplikasi asli dari shortcut tersebut masih terinstall di komputer,


nah, itu














Namun apabila cara diatas masih belum bisa, sobat bisa lakukan cara ini:






•Buat lah User Account baru, dan hapuslah User Account yang lama.


•Masuk di registry, caranya tekan menu start windows, cari menu Run, tuliskan "Regedit" Lihat Gambar Berikut:










•Masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Explorer\FileExts\.lnk Bersihkan (hapus) semua key tapi selain key [OpenWithProgids]. Cara ini di lakukan jika sobat bisa masuk ke menu Regedit.






•Atau dari dalam key-registry di atas, sobat buat key baru dengan nama [OpenWithList].

2 komentar:

  1. Terimakasih sangat bermanfaat
    Terimakasih yang sebesar besarnya

    BalasHapus
  2. Mantapp..sya coba..cuman link dari mas agung yg bisa dan 1000%work...matur swun kang mas...😁😁🙏🙏🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus